Langsung ke konten utama

Cemilan Rabu materi 7

*Cemilan Rabu ke-4, 30 Agustus 2017*

*Ragam Kegiatan Penstimulus Kecerdasan Anak*

Anak-anak tumbuh dengan cepat dan belajar banyak hal daripada yang bisa kita lihat. Anak-anak, terutama di bawah usia 5 tahun, belajar dari hal yang dekat dengannya, dan dari kebiasaan sehari-hari yang sederhana.

Menurut Tony Buzan, dalam bukunya _Buku Pintar Mind Map (2006)_ , anak berusia 0-5 tahun lebih banyak belajar serta lebih banyak mengetahui hal-hal baru daripada seorang mahasiswa yang kuliah dan menyelesaikan gelar sarjananya.
Usia 0-5 tahun ini kita kenal dengan _the golden years_.

Ketika anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, orang tua hendaknya memberikan aktivitas sehari-hari yang dapat menstimulus kecerdasan, kreativitas, dan kepercayaan diri anak. Beragam aktivitas ini tentu disesuaikan dengan usia dan tahap tumbuh kembangnya.

*1. Mengekspresikan wajah di depan cermin*
Ketika bercermin anak mulai mengembangkan kesadaran siapa dirinya, belajar mengontrol dan mengenali ekspresi, dab membantu rasa percaya dirinya dengan pengetahuan akan dirinya. Kegiatan ini bisa dilakukan sejak anak masih bayi.

*2. Bermain bola*
Bermain bola membantu perkembangan koordinasi mata dan tangan serta kemampuan motorik kasar secara keseluruhan.

*3. Bermain Puzzle*
Permainan ini mampu merangsang perkembangan otak belahan kiri dan kanan anak sekaligus. Saat bermain puzzle, kecerdasan spasial anak dilatih, dengan membongkar dan memasang ulang dalam kesesuaian bentuk, pola atau warna.

*4. Menggambar, melukis, atau mewarnai*
Kegiatan ini dapat mengasah motorik halus, melatih fokus, emosional, kreativitas dan menjaga keseimbangan otak belahan kanan dan kiri anak.
Menurut Asri Nugroho, seorang pelukis dan pengajar, usia yang paling ideal bagi anak untuk diajarkan mengambar adalah 4 tahun.

*5. Berenang*
Ada ungkapan bahwa olah raga terbaik adalah berenang. Dengan berenang seluruh bagian tubuh digerakkan dan mendapat manfaat yang sama, baik organ luar maupun organ dalam tubuh.
Sebuah penelitian di Melbourne menyebutkan bahwa gerakan anggota badan anak ketika berada dalam air dapat merangsang pertumbuhan saraf otaknya sehingga IQ-nya tumbuh lebih cepat dan lebih baik.

*6. Memperkenalkan peta pada anak*
Memperkenalkan peta pada anak berarti mendorong mereka untuk memahami tentang ruang dan bagaimana berpikir global tentang dunia di alam semesta dilihat dari sudut pandang yang lebih besar. Hal ini akan memperluas wawasan anak tentang dunia tempatnya tinggal.

*7. Bersepeda*
Bersepeda merupakan kegiatan yang dapat merangsang kemampuan dan kecerdasan anak. Ketika bersepeda, berbagai kemampuan anak dilatih sekaligus, seperti kemampuan motorik kasar dan halus, kemampuan keseimbangan, kemampuan membaca ruang, serta kemampuan berkonsentrasi.

*8. Berkebun*
Anak-anak yang diajari berkebun sejak dini akan terlatih untuk merawat dan mencintai lingkungan. Mereka akan belajar tentang kebersihan, keteraturan, dan keindahan.

*9. Memasak*
Melibatkan anak memasak memberikan banyak manfaat bagi rangsangan kecerdasan anak.
▶ mengajarkan disiplin
Anak akan tau memasak membutuhkan tahapan dan proses. Ada urutan langkah dalam proses memasak yang perlu dipatuhi agar masakan menjadi lezat.
▶ melatih motorik
Ketika memasak motorik anak akan dilatih saat melakukan kagiatan mangaduk, menuang, memotong dan menumbuk
▶ Belajar matematika sederhana.
Ketika anak menakar, mencampur bahan dan bumbu masakan, maka saat itu ia belajar tentang perbandingan. Melalui perbandingan itu anak belajar berhitung dan mengasah kecerdasan otaknya.
▶ Melatih konsentrasi
Memasak tidak boleh ditinggal begitu saja, tetapi perlu dipantau dan dijaga. Ini akan melatih anak untuk berkonsentrasi.

Salam ibu profesional

/Tim Fasilitator Bunda Sayang 2 /


πŸ“š Sumber:
πŸ“” Astuti Yuli, Cara mudah asah otak anak; 2016.
πŸ“” Pramono Octavia, Temukan sedini mungkin keajaiban potensi anak anda; 2015

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran rasa BunSay

https://drive.google.com/file/d/1PlwWjp6I9VxiaJ_l_2eFW_jqZcvCEdfd/view?usp=drivesdk #aliranrasa #bunsayiip #batch1

Rahmawati Lestari#klp 4#materi 1

πŸ“’ πŸ’“ Tugas Materi 1 πŸ”–Identifikasi 7 Bakat Dominan Diri dengan indikator 34Tema Bakat πŸ“’ *34 Tema Bakat* dapat dilihat di bit.ly/Pandu45 1. Futuristic Saya suka membayangkan masa depan entah itu besok, sebulan kedepan, tahun depan atau tahun-tahun mendatang. 2. Input Suka mengumpulkan informasi tentang parenting, resep masakan atau file-file yang saya sukai karena berpikir suatu hari nanti pasti berguna. 3. Learner Saya suka mempelajari sesuatu senang belajar hal baru. 4. Responsibility Selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu atau saat diberikan amanah. Memegang komitmen dan jika berjanji akan berusaha menepatinya. 5. Analytical Selalu suka menganalisa sesuatu, tidak mudah percaya tanpa disertai fakta pendukung. 6. Dicipline Saya suka keteraturan, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur semua sudah terencana.  Jika ingin pergi semua harus direncanakan mulai dari lokasi, anak-anak, ap

Rahmawati Lestari#klp 4#TugasMateri4

#RuangBerkaryaIbu #Proyek2 #TugasMateriEmpat #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu