Langsung ke konten utama

Seminar TM for Family


--- Talent Mapping ---



--- Talent Mapping ---

Emak mau kasih oleh-oleh hasil seminar "Talent Mapping for Family" yang diadakan IIP Bekasi tgl 10 Desember 2017. Abah Rama masih masa penyembuhan jadi di ganti kang Firman yang gak kalah oke yampein materinya.
Emak-emak jaman NOW kudu update ilmu yes... Biar kekinian.
Emak rempong anak 3 sempatnya seminar... Anak nya dikemanain ??? Alhamdulillah punya PakSu  yang baik banget mau dititipin anak sementara istrinya update ilmu. Love... Love... pokoknya 😍😍😍😍

Talent maping (TM) apaan sih ?
Pemetaan bakat maksudnya gimana ?
Bingung... Ngerasa gak penting...
Samaaa... Ngerasa udah jadi mamak2 udin telat klo mau cari bakat mah. Malah mikirnya passion = bakat.
Ternyata bedaaa....

🎯 Talent ( Bakat ) : sifat produktif yang dimiliki seseorang sejak lahir, yang memberikan kebermanfaatan dan rahmat bagi semesta.

🎯 Passion ( Minat ) : kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu yang membuatnya bergairah dan memiliki keinginan kuat.

🎯 Hobi : kegemaran, kesenangan, istimewa pada waktu senggang. Bukan pekerjaan utama.

🎯 Kompetensi : kemampuan menguasai sesuatu karena memiliki pengetahuan, skill dan keahlian

Talent mapping berbasis penelitian panjang dari Gallup organization selama 20 tahun pada 2 juta orang.
Dari penelitian tersebut didapatkan 34 bakat yang tiap manusia beda-beda kayak sidik jari gitu.
Allah menciptakan manusia dengan keunikannya masing-masing tertuang di Al Qur'an surat Al Isra : 84
Di Indonesia Talent Mapping di populerkan dan kembangkan oleh Abah Rama.
Menurut Abah Rama menurut Abah Rama Royani, mengetahui jalan sukses itu harus lebih dahulu daripada cara mencapai suksesnya. Karena kalau kita sudah tahu jalannya, sudah berada di jalan yang tepat, maka selambat apapun caranya, pasti akan sampai ke kesuksesan.

Trus gimana biar tau bakat nya apa?
Yang paling gampang ya mengamati. Mengamati diri sendiri kebiasaan-kebiasaan yang sering muncul energi yang gak ada habisnya saat melakukan nya.
Susyah...
Tenang ada tools nya namanya Talent Mapping Assessment. Assessment ini sifatnya kuisioner jadi ada pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab.
Kepo coba diintip2 www.temubakat.com
TMA ini berbayar kemarin aku cuman ikut seminar nya aja Emak belum ikut TMA  nabung dulu yes... 😁😁😁
Tapi udah nyobain yang gratisan ST30
Hasilnya belive it or not emak punya potensi Journalist 😁😁😁 dan weekness di selling, marketing, distributor see gak bakat jualan πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Trus manfaatnya apa buat emak2 kayak kita...

‌πŸš€ Talents Mapping memberikan gambaran peran dan aktivitas apa yang paling sesuai dengan potensi diri kita masing-masing.

‌πŸš€ Buat pasangan suami-istri jadi tahu sifat-sifat bakat padangan. dari situ kita bisa menempatkan posisi hubungan suami-istri gimana jadi gak pake baper2an lagi...

Misalnya, suami yang memahami bakat istri, akan terbantu untuk memandu pilihan aktivitas/pekerjaan yang sebaiknya dilakukan istri saat ini. Istri yang memahami bakat suami, juga akan terbantu memahami cara terbaik mendukung suami juga karirnya.

‌πŸš€ Orang tua yang sepenuh hati mengenali anak-anaknya sejak anak kecil, akan mampu melihat keunikan anaknya. Dengan sudut pandang positif, maka keunikan yang terlihat itu dapat difasilitasi tumbuh kembangnya.

TMA hanya bisa untuk usia 14 tahun keatas.
Trus klo buat anak-anak gimana?
Amati kegiatan yang anak-anak lakukan... Yuk mulai mengamati anak-anak kita jangan lihat itu sebagai kekurangan tapi lihat sebagai sifat yang unik.
Biarkan fitrah anak yang sudah diinstal Allah tumbuh paripurna.

Aktivitas yang dilakukan adalah aktivitas yang mempertemukan bakat, passion, dan produktivitas sekaligus.

Ciri aktivitas ini adalah 4E : ENJOY, EASY, EXCELLENT, EARN.

"Semoga dengan mengamati aktivitas dan memperbanyak aktivitas anak fitrah bakat anak dapat berkembang baik dan anak siap memasuki usia aqil baligh sebagai manusia yang jelas jati dirinya dan produktif bagi umat."

Ini seminar keren banget dari jam 09.00 - 15.00 gak kerasa malah kurang.... 😁😁😁

Referensi :
- Materi seminar TM for Family kang Firman
- Kulwap wag Foundation 1 IIP Bekasi bersama teh Elma













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran rasa BunSay

https://drive.google.com/file/d/1PlwWjp6I9VxiaJ_l_2eFW_jqZcvCEdfd/view?usp=drivesdk #aliranrasa #bunsayiip #batch1

Rahmawati Lestari#klp 4#materi 1

πŸ“’ πŸ’“ Tugas Materi 1 πŸ”–Identifikasi 7 Bakat Dominan Diri dengan indikator 34Tema Bakat πŸ“’ *34 Tema Bakat* dapat dilihat di bit.ly/Pandu45 1. Futuristic Saya suka membayangkan masa depan entah itu besok, sebulan kedepan, tahun depan atau tahun-tahun mendatang. 2. Input Suka mengumpulkan informasi tentang parenting, resep masakan atau file-file yang saya sukai karena berpikir suatu hari nanti pasti berguna. 3. Learner Saya suka mempelajari sesuatu senang belajar hal baru. 4. Responsibility Selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu atau saat diberikan amanah. Memegang komitmen dan jika berjanji akan berusaha menepatinya. 5. Analytical Selalu suka menganalisa sesuatu, tidak mudah percaya tanpa disertai fakta pendukung. 6. Dicipline Saya suka keteraturan, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur semua sudah terencana.  Jika ingin pergi semua harus direncanakan mulai dari lokasi, anak-anak, ap

Rahmawati Lestari#klp 4#TugasMateri4

#RuangBerkaryaIbu #Proyek2 #TugasMateriEmpat #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu