Langsung ke konten utama

T10 Mengenal Gaya Belajar Anak

🎗GAME LEVEL 4🎗

*📖 Gaya belajar anak 📖*

Setiap anak itu cerdas. Hanya saja kemampuan anak untuk mengerti hal yang berbeda tergantung pada gaya belajar anak. Bisa dominan hanya pada 1 gaya belajar saja, namun bisa juga gabungan dari beberapa gaya belajar dengan urutan belajar yang berbeda.

Dengan mengetahui gaya belajarnya anak akan  lebih mudah mempelajari sesuatu.

🔍Pengamatan mendalam terhadap keseharian anak bisa membantu orangtua mengenali gaya belajar anak
🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

*Tantangan 10 hari level 4*

📝Bagi yang sudah mempunyai anak
1. Lakukan pengamatan terhadap anak pada saat kegiatan sehari-hari. Gunakan tabel untuk memudahkan pengamatan (tabel terlampir)
https://drive.google.com/file/d/0B31vyT4iePiuVUtJT05ENFFaeEU/view?usp=drivesdk
2. Tuliskan hasil pengamatan setiap harinya
3. Cermati gaya belajar anak berdasarkan hasil pengamatan
https://drive.google.com/file/d/0B31vyT4iePiuTXQyTUotVnFENkU/view?usp=drivesdk

📝Bagi yang single dan belum punya anak lakukan pengamatan terhadap diri sendiri ataw orang terdekat

📝Bagi yang sudah berhasil menemukan gaya belajar anak dan diri sendiri bisa menuliskan hasil pengamatannya (dari mulai proses sampai berhasil menemukan gaya belajarnya)

‼‼‼

*dateline 20 April - 6 Mei*

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

- tanya jawab -

1. Kl anak usia bayi bgmna mba? Apa dceritakan perkembangan anaknya aja? Atau diri sendiri aja mba?
- tari -

➡ Mb @Tari , untuk debay... iya betul diceritakan stimulasi yg diberi, responnya thd stimulasi serta progress yg terlihat dari hari ke hari.

Bisa baca2 buku *slow & steady* (perkembangan anak usia dini), sebentar sy share filenya ✅
https://drive.google.com/file/d/0B31vyT4iePiuZHV2OHl4N2lSNnc/view?usp=drivesdk

2. Tantangannya setiap hari hrs dilaporkan juga mba prosesnya?
- ayu -

➡ Iya mbak... setiap hari ✅

3. T10 nya dimulai dari tgl brp mba?
- syuchrisyanti -

➡ Besok kamis tgl 20 april - 6 mei mbak

4. Kl anaknya 2 apakah harus kdua2nya ?

➡ Iya mbak... 2 anak 2 laporan @masing2 form ✅

5. 🙋🏻 tanya mba lina.
Saya baru gabung di game level 4 ini.
Di T10 ini. Setiap kegiatan harus disertakan dokumentasi berupa foto tidak?
- Naomi -

➡ Tidak harus, tapi diutamakan ada dokumentasi, buat visualisasinya.
Boleh foto/video/audio ✅

6. Mba lina sya sm suami jrg belajar, mengamatinya bgm ya?
- virnie -

➡ Wah mb Vir... coba di redefinisi lagi makna *belajar* yang dimaksud...
Sy fikir, belajar itu sama aja dengan kehidupan. Gak ada bedanya...😚 ✅

7. Jadi jika kita telah menemukan gaya belajar anak,kita ceritakan langkah dan observasi  yang kita lakukan dahulu untuk menemukannya??
- Aya -

➡ Nah yg ini baguus banget pertanyaannya,

➡klo udah *ketemu gaya belajar anak*, terus apa yang diceritakan dlm t10??

●bisa diceritakan secara berseri tahapan2 saat bunda memberikan stimulasi dan berhasil menemukan gaya belajar dominannya. Cerita dalam bentuk narasi, amat bagus bila disertai dokumentasi.

●step berikutnya, setelah *gaya belajar* itu ketemu, strategi2 apa yang bunda berikan manakala modalitas belajar si anak hari ini digunakan.

Atauuuu... bunda bersama anak berdiskusi bersama mendesign pola kegiatan harian yang membuat mata anak berbinar2, beri kesempatan anak untuk mengungkapkan gagasannya sendiri. Nah, kegiatan demi kegiatan itulah yang bunda ceritakan dalam t10
Inga'...inga'...❣
Selalu menjadi 4 tujuan pendidikan sbg pijakan kita;
1⃣ Intellectual Curiosity
2⃣ Art of Discovey & Invention
3⃣ Creative Immagination
4⃣ Noble Attitude

Selamat menjadi Arsitek Peradaban ya bu ibu....😘😘✅

8. Tanya Mba Lina... Contoh kegiatan observasi untuk pembelajar visual kaya gimana Mba?
- shepty -

➡ Intinya semua kegiatan yang informasinya menggunakan materi visual seperti gambar, diagram, peta, warna dsb.

Ingat film Dora the explorer??? -pilem paporit bocils soale'

Nah, scene Dora itu memaksimalkan 3 modalitas belajar (visual, audi dan kinestetik)

Visual dengan peta dora,
Audi dengan efek sound ketika berpikir/suara2 materi lain
Kinestetik dengan mengajak bergerak
Inspirasi kegiatan observasi untuk visual learner;
♡ membaca
♡ presentasi (amati media apa yg digunakan untuk menjelaskan buah pikirannya),

- jika menggunakan gambar2/ilustrasi/mind map/table/flow chart berarti *visualnya dominan*

- jika banyak bergerak, body languangenya sangat lincah saat presentasi, berarti *kinestetikny yg dominan*

- jika membutuhkan audio visual untuk menguatkan presentasinya berarti *auditorynya dominan* ✅

9. Mau bocoran doong bun, untuk ibu bekerja gimana ya cara mengamati si dede? skrg umur 22m
dan setiap kali bunda nya pulang sudah mau bobo 😔

Itulah kenapa ga pernah berhasil tuntasin T10, bunda nya blm bisa ngatur waktu nya😭
- Lucy -

➡ Jika tidak, berarti mb Lucy harus menggandakan cinta, perhatian dan waktu bersama dedek. Pastikan dalam sepekan ada quality time bersama antara ibu & anak

-- 》 baca2 file slow & steady grow up yg sy share diatas buat referensi, boleh ditambah buku multiple intelligences for islamic  teaching (nanti sy fotoin bukunya)

🙋 terimakasih bu lina.
jadi memang hanya di waktu week end ya saya bisa mengamati nya?
maaf masih rada bingung

➡ Nggak juga sih mbak... tadi sy bertanya apakah orgtua sepuh dirumah bisa diajak kooperatif untuk mjd partner kita dlm memberikan stimulus pd si kecil.

Jika iya, setiap hari mb Lucy bisa share poin2 stimulasi yg diberikan, lengkap dgn checklist sheet nya.

Nah...saat mb Lucy sdh dirumah, tinggal kroscek ke beliau.

Esok harinya begitu lagi..., sebwlumnya diawali membuat lesson plan buat si kecil selama 1 pekan aja dulu, setelah selesai lanjut pekan 2 dst

Intinya untuk anak dibawah 2 th belum bisa terlalu dini disimpulkan gaya belajarnya, karena mereka sedang mengoptimalkan fungsi panca indera yg dimiliki.

Strategi kita sbg orgtua,
●perkaya si kecil dg berbagai stimulasi (sesuai usianya)
●tulis saja hasil observ dg respon stimulus yg diberi ✅

10. kalo mengamati anak, diri sendiri dan pasangan boleh kah mb? #dimasukkan ke t10. khawatir kurang bahan pembahasan krn anak sy masih 20bln😊

➡ Boleh mba ✅

11. mbak lina. selama 10 hari bs dgn kegiatan yg berbeda atau kegiatan yg sama diulang beberapa kali?
- Renny -

➡ Sebaiknya beragam / berbeda mbak..., selain memperkaya anak juga menghindari kejenuhan ✅

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran rasa BunSay

https://drive.google.com/file/d/1PlwWjp6I9VxiaJ_l_2eFW_jqZcvCEdfd/view?usp=drivesdk #aliranrasa #bunsayiip #batch1

Rahmawati Lestari#klp 4#materi 1

๐Ÿ“’ ๐Ÿ’“ Tugas Materi 1 ๐Ÿ”–Identifikasi 7 Bakat Dominan Diri dengan indikator 34Tema Bakat ๐Ÿ“’ *34 Tema Bakat* dapat dilihat di bit.ly/Pandu45 1. Futuristic Saya suka membayangkan masa depan entah itu besok, sebulan kedepan, tahun depan atau tahun-tahun mendatang. 2. Input Suka mengumpulkan informasi tentang parenting, resep masakan atau file-file yang saya sukai karena berpikir suatu hari nanti pasti berguna. 3. Learner Saya suka mempelajari sesuatu senang belajar hal baru. 4. Responsibility Selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu atau saat diberikan amanah. Memegang komitmen dan jika berjanji akan berusaha menepatinya. 5. Analytical Selalu suka menganalisa sesuatu, tidak mudah percaya tanpa disertai fakta pendukung. 6. Dicipline Saya suka keteraturan, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur semua sudah terencana.  Jika ingin pergi semua harus direncanakan mulai dari lokasi, anak-anak, ap

Rahmawati Lestari#klp 4#TugasMateri4

#RuangBerkaryaIbu #Proyek2 #TugasMateriEmpat #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu