Langsung ke konten utama

Materi 2 kuliah bunda sayang : MELATIH KEMANDIRIAN ANAK

*Institut Ibu Profesional*
_Materi Bunda Sayang Sesi #2_

*MELATIH KEMANDIRIAN ANAK*

_Mengapa melatih kemandirian anak itu penting?_

Kemandirian anak erat kaitannya dengan rasa percaya diri. Sehingga apabila kita ingin meningktkan rasa percaya diri anak, mulailah dari meningkatkan kemandirian dirinya.

Kemandirian erat kaitannya dengan jiwa merdeka. Karena anak yang mandiri tidak akan pernah bergantung pada orang lain. Jiwa seperti inilah yang kebanyakan dimiliki oleh para enterpreneur, sehingga untuk melatih enterpreneur sejak dini bukan dengan melatih proses jual belinya terlebih dahulu, melainkan melatih kemandiriannya.

Kemandirian membuat anak-anak lebih cepat selesai dengan dirinya, sehingga ia bisa berbuat banyak untuk orang lain.

_Kapan kemandirian mulai dilatihkan ke anak-anak?_

Sejak mereka sudah tidak masuk kategori bayi lagi, baik secara usia maupun secara mental. Secara usia seseorang dikatakan bayi apabila berusia 0-12 bulan, secara mental bisa jadi pola asuh kita membiarkan anak-anak untuk selalu dianggap bayi meski usianya sudah lebih dari 12 bulan.

Bayi usia 0-12 bulan kehidupannya masih sangat tergantung pada orang lain. Sehingga apabila kita madih selalu menolong anak-anak di usia 1 th ke atas, artinya anak-anak tersebut secara usia sudah tidak bayi lagi, tetapi secara mental kita mengkerdilkannya agar tetap menjadi bayi terus.

_Apa saja tolok ukur kemandirian anak-anak?_

☘Usia 1-3 tahun
Di tahap ini anak-anak berlatih mengontrol dirinya sendiri. Maka sudah saatnya kita melatih anak-anak untuk bisa setahap demi setahap meenyelesaikan urusan untuk dirinya sendiri.
Contoh :
✅Toilet Training
✅Makan sendiri
✅Berbicara jika memerlukan sesuatu

🔑Kunci Orangtua dalam melatih kemandirian anak-anak di usia 1-3 th  adalah sbb :
👨👩👦👦 Membersamai anak-anak dalam proses latihan kemandirian, tidak membiarkannya berlatih sendiri.
👨👩👦👦 Mau repot di 6 bulan pertama. Bersabar, karena biasanya 6 bulan pertama ini orangtua mengalami tantangan yang luar biasa.
👨👩👦👦Komitmen dan konsisten dengan aturan

Contoh:
Aturan berbicara :
Di rumah ini hanya yang berbicara baik-baik yang akan sukses mendapatkan apa yang diinginkannya.

Maka jangan pernah loloskan keinginan anak apabila mereka minta sesuatu dengan menangis dan teriak-teriak.

Aturan bermain:
Di rumah ini boleh bermain apa saja, dengan syarat kembalikan mainan yang sudaj tidak dipakai, baru ambil mainan yang lain.

Maka tempatkanlah mainan-mainan dalam tempat yang mudah di ambil anak, klasifikasikan sesuai kelompoknya. Kemudian ajarilah anak-anak, ambil mainan di tempat A, mainkan, kembalikan ke tempatnya, baru ambil mainan di tempat B. Latih terus menerus dan bermainlah bersama anak-anak, jadilah anak-anak yang menjalankan aturan tersebut, jangan berperan menjadi orangtua. Karena anak-anak akan lebih mudah mencontoh temannya. Andalah teman terbaik pertama untuknya.

☘Anak usia 3-5 th
Anak-anak di usia ini sedang menunjukkan inisiatif besar untuk melakukan kegiatan berdasarkan keinginannya
Contoh :
✅ Anak-anak lebih suka mencontoh perilaku orang dewasa.
✅Ingin melakukan semua kegiatan yang dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya

🔑Kunci Orangtua dalam melatih kemandirian anak di usia 3-5 th adalah sbb :
👨👩👦👦Hargai keinginan anak-anak
👨👩👦👦Jangan buru-buru memberikan pertolongan
👨👩👦👦 Terima ketidaksempurnaan
👨👩👦👦 Hargai proses, jangan permasalahkan hasil
👨👩👦👦 Berbagi peran bersama anak
👨👩👦👦 Lakukan dengan proses bermain bersama anak

Contoh :
✅Apabila kita setrika baju besar, berikanlah baju kecil-kecil ke anak.
✅Apabila anda memasak, ajarkanlah ke anak-anak masakan sederhana, sehingga ia sdh bisa menyediakan sarapan untuk dirinya sendiri secara bertahap.
✅Berikanlah peran dalam menyelesaikan kegiatannya, misal manager toilet, jendral sampah dll. Dan jangan pernah ditarget apapun, dan jangan diberikan sebagai tugas dari orangtus.Mereka senang mengerjakan pekerjaannya saja itu sudah sesuatu yang luar biasa.

☘Anak-anak usia sekolah
Apabila dari usia 1 tahun kita sudah menstimulus kemandirian anak, mka saat anak-anak memasuki usia sekolah, dia akan menjadi pembelajar mandiri. Sudah muncul internal motivation dari dalam dirinya tentang apa saja yang dia perlukan untuk dipelajari dalam kehidupan ini.

⛔Kesalahan fatal orangtua di usia ini adalah terlalu fokus di tugas-tugas sekolah anak, seperti PR sekolah,les pelajaran dll. Sehingga kemandirian anak justru kadang mengalami penurunan dibandingkan usia sebelumnya.

🔑Kunci orangtua dalam melatih kemandirian anak di usia sekolah
👨👩👦👦Jangan mudah iba dengan beban sekolah anak-anak sehingga semua tugas kemandirian justru dikerjakan oleh orangtuanya
👨👩👦👦Ijinkan anak menentukan tujuannya sendiri
👨👩👦👦Percayakan manajemen waktu yang sudah dibuat oleh anak-anak.
👨👩👦👦Kenalkan kesepakatan, konsekuensi dan resiko

Contoh :
✅Perbanyak membuat permainan yang dibuatnya sendiri ( DIY = Do It Yourself)
✅Dibuatkan kamar sendiri, karena anak-anak yang mahir mengelola kamar tidurnya, akan menjadi pijakan awal kesuksesan ia dalam mengelola rumahnya kelak ketika dewasa.

☘Ketrampilan-ketrampilan dasar yang harus dilatihakan untuk anak-anak usia sekolah ini adalah sbb:
1⃣Menjaga kesehatan dan keselamatan dirinya
2⃣Ketrampilan Literasi
3⃣Mengurus diri sendiri
4⃣Berkomunikasi
5⃣Melayani
6⃣Menghasilkan makanan
7⃣Perjalanan Mandiri
8⃣Memakai teknologi
9⃣Transaksi keuangan
🔟Berkarya

☘3Hal yang diperlukan secara mutlak di orangtua dalam melatih kemandirian anak adalah :
1⃣Konsistensi
2⃣Motivasi
3⃣Teladan

Silakan tengok diri kita sendiri, apakah saat ini kita termasuk orangtua yang mandiri?

☘Dukungan-dukungan untuk melatih kemandirian anak
1⃣Rumah harus didesain untuk anak-anak
2⃣Membuat aturan bersama anak-anak
3⃣Konsisten dalam melakukan aturan
4⃣Kenalkan resiko pada anak
5⃣Berikan tanggung jawab sesuai usia anak

_Ingat, kita tidak akan selamanya bersama anak-anak.Maka melatih kemandirian itu adalah sebuah pilihan hidup bagi keluarga kita_

Salam,

/Tim Fasilitator Bunda Sayang/

_Sumber bacaan_:

_Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang, antologi, gaza media, 2014_
_Septi Peni, Mendidik anak mandiri, pengalaman pribadi, wawancara_
_Aar Sumardiono, Ketrampilan dasar dalam mendidikan anak sukses dan bahagia, rumah inspirasi_

🌟 TANYA JAWAB 🌟

1⃣Mba Wulan

Pertanyaan :
Usianya 4th4bulan seorang putri, jika dia bertemu yang usia seumuran dia sangat tergantung hanya pada anak yang dia pilih, dalam sebuah komunitas misal TPQ atau tetangga dan sepupu maunya hanya dengan anak itu itu saja,ada anak yg lain sulit bahkan tidak mau dan cenderung ngambek, bahkan jika jam bermain sudah selesai sulit diajak pulang, atau bahkan kalau teman atau sepupunya pulang dia melarang dan menangis, kalau saya lihat teman dan sepupunya saat diajak pulang ya menurut saja.Apakah dia kesepian karena belum memiliki adik?atau kenapa ya?saya khawatir terbawa sampai besar suka memilih teman, posesif dengan teman yang disukainya, dan menggantungkan kesenangannya dengan teman atau saudaranya itu..sehingga kalau tidak diajak main dia sedih. Selama ini saya pelan pelan kasih pengertian ke dia.bahkan kadang kalau bertemu sepupunya harus kasih syarat kalau pulang gak rewel karena seringkali jadwal saya dan suami berantakan karena dia benar2 tidak mau diajak pulang

Jawaban :

1⃣ mb wulan, ndak perlu dipikirkan mendalam mb... ananda masih dlm fase sosialisasi. Dan pd org2 dekat yg sdh dikenalnya dia menemukan kenyamanan... stimulasi aja terus dgn membaur dan bergaul dgn teman2nya baik teman lama maupun teman baru tanpa memasang target/ekspekasi terlalu tinggi. Biarkan semua berjalan alami... nanti seiring pwnambahan usia dan pengalaman semoga ananda semakin baik dlm dunia pergaulannya...☺

2⃣ Mb Dian

Mbak, bgm tahap kemandirian anak bila masanya sdh terlewat? Hrsnya sdh tuntas di 1-3, tp ternyata blm.... Apa yg hrs kita lakukan utk memotivasinya? Trmksh…

Jawaban :

2⃣ IMHO, belum telat sih mbak... fokus pd pendampingan dan percepatan keterampilannya saja, drpd energi habis merisaukan persoalan "terlewat dan merasa tertinggalnya".

Motivasi terbaik adl *kepercayaan ibu* thd ananda, bhw mereka BISA

3⃣Shepty

1. Tahapan pendidikan kemandirian 7 thn keatas bagaimana?

2. Anak saya, perempuan, 8 tahun. Selama ini menurut saya sudah mandiri. Pekerjaan rumah tangga jg dia sudah bs bantu. Cuma seringnya harus dicolokin dl dan kalau berat sedikit, males duluan. Gimana menyikapinya?

Jawaban :

3⃣ mb Shepty... namanya mirip bu Septi 💖

1. 7th masuk masa tamyiz (mampu membedakan konsep baik vs buruk, halal vs haram), krn sebentar lagi kita akan menghantarkannya memasuki usia taklif (pembebanan syariat yg selevel org dewasa),

Skill kemandirian yg diharapkan udah tuntas berkaitan dg mempersiapkan kebutuhannya sendiri, mulai bangkit empatinya untuk merasa memiliki tanggungjwb dlm tugas2 rumah tangga, ini distimulasi lewat pendelegasian tugas yg mampu dan bisa dilakukannya diusianya yg 7 th ini.

2. Perbanyak *apresiasi* bund... dan pendekatan *bahasa cinta* yg pas buatnya... (tengok2 komprod juga yah)

4⃣Mb Tata

1.  apa kemandirian itu bisa kita perlakukan seperti insting yang nantinya akan tumbuh seiring bertambahnya usia? kadang saya masih berpikir seperti itu, jadi mumpung masih usia balita, saya masih suka melayani mereka, karena saya berpikir toh ini cuma sesaat, nanti kalau sudah besar saya pasti akan merindukan masa-masa ini 😢🙈😅

2. Mungkin ada yang mau berbagi pengalaman cara mengajarkan makan sendiri 🙈 sampai sekarang kalau mau ngajarin anak makan sendiri, saya masih kalah dengan perasaan anak takut masih lapar, takut nanti kurus kalo saya biarkan makan sendiri, karena pasti berakhir dengan lari sana lari sini, atau dengan mengaku "sudah kenyang bu" atau "nggak mau" 😓 maklum di rumah nggak ada meja kursi makan, jadi makan pasti lesehan, dan setiap masuk satu suap, anak2 pasti kabur 🙈 #malahcurhat

Jawaban :

4⃣ mb Tata... kita menanti brainstorming dr kawan2 juga yah... mari mentemen silakan menanggapi 2 poin dr mb Tata ini.

Klo dari sy, kemandirian ini selain dr insting tapi perlu latihan juga agar terasah dan  menjadi habit yg mengakar... sulit meminta kemandirian tumbuh dg sendirinya tanpa stimulus2 yg mendukung

5⃣Siti Sadiah

Assalamu'alaikum
Mba...
Sy mw tanya, melatih kemandirian anak saya usia 5 tahun 9 bulan supaya tidak ngompol bagaimana?
Saya sudah biasakan *BAK* (buang air kecil) sebelum tidur, kadang malam kalau sy bangun saya bangunkan dia supaya *BAK* lagi, tapi sminggu sekali masih ngompol. Saya kasih hadiah kl ga ngompol uang jajannya tambah Rp. 1.000, kl ngompol sy beri hukuman nyuci celana ompolnya sendiri.
Tapi tetap dalam sminggu tuh ada aj ngompolnya😢.

Jawaban :

5⃣ mb siti sadiah... sy juga tdk punya pengalaman disini, maksudnya usia 5th 9bln terkadang masih ngompol dlm sepekan. Bagaimana yg lain? Mohon dibantu yah...

Anak2 sy 4 org, alhamdulillah usia 3-4th sudah lulus toilet training semua. Bahkan ada yg kurang dr 2th sudah lulus.

Latihannya sejak usia 1-3thn. Dengan melihat kesiapan emosionalnya ditandai ;
1. Tdk ngompol bbrp jam sehari, min 3-4 jam
2. Berhasil bangun tidur tanpa mengompol
3. Mengerti kata pipis untuk BAK, pup untuk BAB
4. Memberi kode bila celana/pospak basah atau merasa tdk nyaman
5. Kadang menunjuk2 alat kelaminnya (senada poin 4)
6.enunjukkan keinginan memakai celana sendiri dan berhasil walaupun belum sempurna😂

tambahan dari mb Ina :
Mbak Siti..sudah besar yaa.
Bisa terus dilatih untuk tidak mengompol dengan memberikan reward memang perlu kesabaran ibu/pendampingnya agar tuntas tak mengompol.
Dulu apresiasi saya kl anak bilang dan menuju wc diberikan misal 2 🌟 berarti tuntas.
1 🌟 hanya bilang akan BAK
0 bila mengompol.

Ada perjanjian ibu dan anak bila dapat point anak boleh punya permintaan tentu yg mendidik.

Semoga bisa mengkondisikan anak dan ibu juga melatih kesabaran yaa

6⃣Anandita

putri saya berumur 5th 3bln. sampai saat ini jika malam bersama saya selalu sebelum mencari nenen🙈 saya ingin sukses weaning with love tp belum bisa..ada yg punya saran?
karena belum tuntas penyapihan maka sampai saat ini putri sy masih tdur sekamar tp beda kasur dg saya begitu pula dg kakaknya yg berumur 8th. kami semua tidur sekamar tapi beda kasur. bagaimana tips spy sukses anak bisa tidur mandiri?
terimakasih

Jawaban :

6⃣ Mbak Andita..masih merasa nyaman mencari puting. Tp kan sudah besar yaa jd coba diselesaikan dgn menyampaikan dan sebagai ibu bisa menyampaikan dengan kasih sayang tanpa meninggalkan trauma.

Bisa jadi awal tidak nyaman tp yakinlah insyaAllah sambil terus mendoakan semua bisa dilalui yaa.

Semoga pekan depan sdh tidak mencari sesuatu yg ada pada bundanya ya..insyaAllah.

7⃣*mb Ninik*

Mba..bagaimana buat kemandirian anak usia sekolah dalam hal makan dan maaf ( cebok usai BAB )....kalo makan g disuapin cuma lauknya aja yg di habisin dan untuk cebok dia bilgnya jijik...padahl kalo di sekolah jg mau cebok sendiri...
Mungkin disini ada yang bisa Sharing...

Terima Kasih

Jawaban :

7⃣Mb Ninik..usia sekolah kls berapa yaa?
Makan :
Selalu diajarkan adab makan. Mensyukuri semua rizkiNya dg adanya makanan. Diawali dg doa, duduk tenang, kunyah dg baik, tdk mubazir (menghabiskan makanan) bila perlu bawakan boxlunch kosong.
Diakhir dg doa.
Atau perlu apresiasi siapa yg sk sayur, habis makanan.

Istinja (membersihkan BAB dg air)
Kl awal kelas sambil terus diingatkan sambil diarahkan dan dicek aroma apa msh kotor/sdh bersih.
Kl kls besar (menjelang baligh) hrs sudah bisa melakulan sendiri dg baik ini terkait pemahaman ttg thoharoh bagi diri pribadi.

Wallahualam

8⃣ *Uni Esi*

Maaf prtanyaannya mnyusul.
Rusydan 3th 1bln
Blum pandai/mau pup di toilet. Selalu di celana.
Lalu, jika drmh org lain, rusydan spt enggan mngatakan jika ingin BAK skalipun.
Bgm ya caranya?

Utk urusan sikat gigi sblum tdur, makan, pipis drmh sndri dan pakai baju stelah mandi, alhmdulillah sdh habit mba. Tanpa saya minta dia sdh mnjalannya sndri dg baik.
Mohon bimbingannya ya..

Jawaban :

8⃣Uni Esi
Ananda sudah bilang kl mau BAB?
Berarti kita sbg ibu yg lebih peka dengan menanyakan pada ananda.
Apresiasikan keberhasilan bila ananda mau menyampaikan hajat.

Alhamdulillah yaa sdh bisa bersih diri sebelum tidur.

Smg soal BAB ananda bisa dituntaskan bulan ini uni Esi..insyaAllah

9⃣ Shepty

Assalamualaikum mau nanya lagi. Kaitannya sama makn sendiri. Ini masalah ponakan sih sebenernya

Menurut  pengamatan saya, dia ga bisa memgenali rasa lapar. Dari pagi sampai siang belum makan pun, ga pernah minta makan. Asik aja main

Padahal klo makannya telat, malemnya pasti sakit perut. Tapi klo disuruh makan juga ga pernah nafsu.

Usia 5 tahun Mba.

Jawaban :

9⃣ Mb Shepty seorang tante/bibi yang baik memperhatikan keadaan keponakannya..👍🏻

Wa'alaikum salam
Hmm keasikan main sehingga tidak mengenal irama tubuhnya bila lapar.

Berarti harus sudah ada ATURAN karena siklus tubuh manusia perlu asupan dan mengenal waktu. Apalagi masih dalam masa pertumbuhan. Nutrisi diperlukan dlm masa pembangunan tubuh ananda.

Kalau boleh tahu dg siapa ananda sehari harinya?

Nanti bisa japri yaa anak anak waktu baca malam..mhn maaf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran rasa BunSay

https://drive.google.com/file/d/1PlwWjp6I9VxiaJ_l_2eFW_jqZcvCEdfd/view?usp=drivesdk #aliranrasa #bunsayiip #batch1

Rahmawati Lestari#klp 4#materi 1

📒 💓 Tugas Materi 1 🔖Identifikasi 7 Bakat Dominan Diri dengan indikator 34Tema Bakat 📒 *34 Tema Bakat* dapat dilihat di bit.ly/Pandu45 1. Futuristic Saya suka membayangkan masa depan entah itu besok, sebulan kedepan, tahun depan atau tahun-tahun mendatang. 2. Input Suka mengumpulkan informasi tentang parenting, resep masakan atau file-file yang saya sukai karena berpikir suatu hari nanti pasti berguna. 3. Learner Saya suka mempelajari sesuatu senang belajar hal baru. 4. Responsibility Selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu atau saat diberikan amanah. Memegang komitmen dan jika berjanji akan berusaha menepatinya. 5. Analytical Selalu suka menganalisa sesuatu, tidak mudah percaya tanpa disertai fakta pendukung. 6. Dicipline Saya suka keteraturan, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur semua sudah terencana.  Jika ingin pergi semua harus direncanakan mulai dari lokasi, anak-anak, ap

Rahmawati Lestari#klp 4#TugasMateri4

#RuangBerkaryaIbu #Proyek2 #TugasMateriEmpat #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu