Langsung ke konten utama

Hari ke 10 melatih kemandirian anak

5 Maret 2017

Hari terakhir tantangan 10 hari. Selama 10 hari ini yang jadi kunci adalah konsistensi saya dan suami untuk sepemikiran dan sepemahaman dalam mendidik kemandirian anak-anak dan mengkomunikasikan nya dengan anak-anak. Ilmu komunikasi produktif harus digunakan nih. Semua ada masanya ada saat anak-anak merengek mengapa harus melakukan nya sendiri, kenapa mama / abah tidak mau bantuin lagi dan letupan-letupan emosi penolakan dari mereka. Tapi saya sebagai orang tua harus memantapkan hati untuk melepas mereka untuk mandiri sebagai salah satu life skill yang harus mereka miliki jika saya dan suami tiba-tiba dipanggil oleh - Nya maka anak-anak kami tidak akan menjadi beban bagi orang lain. Mereka telah mampu mengurus diri mereka sendiri.

Allah SWT berfirman:

وَلْيَخْشَ الَّذِيْنَ لَوْ تَرَكُوْا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعٰفًا خَافُوْا عَلَيْهِمْ  ۖ فَلْيَتَّقُوا اللّٰهَ وَلْيَقُوْلُوا قَوْلًا سَدِيْدًا
"Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar."
(QS. An-Nisa': Ayat 9)

Hasil pengamatan hari ini :

✨ Mas Atha

➡ Bangun tidur sendiri walau molor dari jam weker harusnya jam 5 ini jam 5.30 baru bangun sholat subuh. Harus terus diingatkan dan dilatih.

➡ Cuci piring sendiri masih belum ada kesadaran masih sukses komplain.

✨ Kakak Sekar

➡ Seharian ini kakak sudah mau makan sendiri. Tentu saja dengan menu favoritnya gak pake sayur 🙈 harus cari strategi nih

➡ Untuk urusan sikat gigi malam sendiri saya dan suami masih berbeda pendapat. Suami masih suka menuruti kemauan kakak klo menurut suami klo sikat gigi sensitif takut gak bersih karena gigi kakak banyak yang karies dan lubang.  Kadang kakak suka makanin odol diam-diam.
Saya harus diskusi dengan suami untuk masalah ini.

✨ Dd Rizqah

Alhamdulillah dd Rizqah sudah mau bilang klo pib atau pipis walaupun sedang pakai pospak. Kadang-kadang menolak untuk dipakaikan pospak. Untuk toilet training dd Rizqah mama masih gak konsisten kadang klo dd Rizqah pipis terus akhirnya dipakaiin pospak juga 😹😹😹

NOTE :

⏩ Saya harus bisa mengkomunikasikan dengan anak-anak pentingnya kemandirian sampai mereka mampu melakukan sendiri tanpa harus disuruh-suruh lagi. Melakukan nya dengan kesadaran sendiri.

⏩ Saya harus me-metakan kemandirian tiap-tiap anak sesuai dengan usia mereka.

⏩ Saya dan suami harus seiya sekata dalam melatih kemandirian anak-anak.

Alhamdulillah.... Terimakasih kepada fasilitator, Bu Septi dan IIP dengan adanya tugas T10 saya menjadi punya gambaran dalam mendidik kemandirian anak-anak.

#hari10
#level2
#kuliahbunsayiip
#melatihkemandirian


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Aliran rasa BunSay

https://drive.google.com/file/d/1PlwWjp6I9VxiaJ_l_2eFW_jqZcvCEdfd/view?usp=drivesdk #aliranrasa #bunsayiip #batch1

Rahmawati Lestari#klp 4#materi 1

📒 💓 Tugas Materi 1 🔖Identifikasi 7 Bakat Dominan Diri dengan indikator 34Tema Bakat 📒 *34 Tema Bakat* dapat dilihat di bit.ly/Pandu45 1. Futuristic Saya suka membayangkan masa depan entah itu besok, sebulan kedepan, tahun depan atau tahun-tahun mendatang. 2. Input Suka mengumpulkan informasi tentang parenting, resep masakan atau file-file yang saya sukai karena berpikir suatu hari nanti pasti berguna. 3. Learner Saya suka mempelajari sesuatu senang belajar hal baru. 4. Responsibility Selalu bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu atau saat diberikan amanah. Memegang komitmen dan jika berjanji akan berusaha menepatinya. 5. Analytical Selalu suka menganalisa sesuatu, tidak mudah percaya tanpa disertai fakta pendukung. 6. Dicipline Saya suka keteraturan, mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur semua sudah terencana.  Jika ingin pergi semua harus direncanakan mulai dari lokasi, anak-anak, ap

Rahmawati Lestari#klp 4#TugasMateri4

#RuangBerkaryaIbu #Proyek2 #TugasMateriEmpat #KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu